Pengikut

Chat Me

Rabu, 22 Juli 2020

MATERI SIROH

                                                          TINGGAL DI GUA HIRO







  Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam banyak melihat kemusyrikan dan perbuatan jahiliyah terjadi      di masyarakat Arab yang tidak beliau sukai, tetapi beliau tidak mengetahui bagaimana cara                 menghilangkan semua itu.
  Pada usia 40 tahun Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam lebih memilih menjauhkan diri dari              kehidupan masyarakat sekitarnya. Beliau lebih suka mengasingkan diri, dan tinggal di gua Hira di          Makkah dalam rangka ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
   
   Tinggal di Gua Hira
Gua Hira dulunya merupakan tempat Nabi Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wasallam menyepi. Di sinilah Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam diangkat menjadi nabi pada usia 40 tahun bersamaan dengan turunnya wahyu pertama, yakni Surah Al Alaq ayat 1-5 melalui Malaikat Jibril. Kini Goa Hira menjadi situs peninggalan penting yang banyak dikunjungi para peziarah.

Gua Hira terletak di Jabal Nur di sebelah barat laut kota Mekkah. Dalam khalwat Rasulullah beribadah selama beberapa malam. Adakalanya 10 malam, adakalanya juga lebih dari sebulan. Setelah berkhalwat, Rasulullah pulang ke rumah beberapa hari dan menyiapkan kembali bekal untuk berkhalwat lagi di Gua Hira. Begitulah kebiasaan Rasul sampai menerima wahyu.

                                           AWAL MULA TURUNNYA WAHYU



Ketika Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam genap berusia 40 tahun tanda-tanda kenabian mulai terlihat pada diri beliau. Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam berkata " Aku mengenali sebuah batu di Makkah yang memberikan salam kepadaku sebelum aku diutus menjadi Rasul".

Tanda kenabian yang kedua diceritakan oleh istri Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam Aisyah Radhiyallaahu 'Anha beliau berkata :" Permulaan wahyu yang diturunkan kepada Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam adalah mimpi yang benar didalam tidur. Beliau tidaklah bermimpi melainkan akan menjadi kenyataan".

Maka Beliau memutuskan untuk berdiam diri di dalam Gua Hira. Beribadah di dalamnya pada malam hari selama beberapa hari dan untuk itu Beliau membawa bekal.

Setelah perbekalan habis, maka Beliau kembali dan mengambil bekal. Begitulah seterusnya sehingga kebenaran pun datang pada Beliau, yakni saat Beliau berada di dalam Gua Hira. Malaikat mendatanginya seraya berkata: "Iqra."

Maka Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam  menjawab, "Aku tidak bisa membaca." Beliau menjelaskan: Lalu malaikat itu pun menarik dan menutupiku, hingga aku pun merasa kesusahan. Kemudian malaikat itu kembali lagi padaku dan berkata Iqra. Aku menjawab, "Aku tidak bisa membaca."

Ia menarik lagi dan mendekapku ketiga kalinya hingga aku merasa kesusahan. Kemudian malaikat itu menyuruhku kembali seraya membaca, Iqra bismirabbikal ladzii kholaq. Kholaqol insaana min 'alaq. Iqra wa robbukal akram. Alladzii 'allamal bil qolaam. Hingga 'allamal insaana maa lam ya'lam.

Maka dengan badan yang menggigil akhirnya Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam kembali pulang ke rumahnya. Beliau meminta istrinya, Khadijah menyelimutinya.

"Selimutilah aku, selimutilah aku." Hingga perasaan takut Beliau pun hilang.

"Wahai Khadijah, apa yang terjadi denganku? Sungguh aku merasa khawatir atas diriku sendiri." Akhirnya Beliau menuturkan kejadian yang dialaminya. Khadijah berkata: "Tidak, bergembiralah engkau."

Lalu Khadijah pergi membawa Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam bertemu dengan Waraqah bin Naufal. Waraqah adalah anak paman Khadijah dan merupakan seorang penganut agama Nasrani pada masa jahiliyah. Dia yang menulis kitab Arab. Dia menulis kitab Injil dengan bahasa Arab. Saat itu dia telah menjadi syekh yang tua renta lagi buta.

"Khadijah berkata padanya: "Wahai anak pamanku, apa yang telah kamu lihat?".

Maka Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam  mengabarkan padanya kejadian yang telah Beliau alami. Kemudian Waraqah berkata: Ini adalah Namus yang pernah diturunkan kepada Nabi Musa. Namus adalah malaikat.

Dari situlah diketahui bahwa Rasulullah dikukuhkan statusnya sebagai rasul. Beliau pun menerima perintah menyampaikan serta mendakwahkan agama Islam.













0 komentar:

Posting Komentar