Pengikut

Chat Me

Selasa, 20 Oktober 2020

AKHLAK TERCELA (MARAH)

                 MARAH


                               


        

            بِسْمِ اللَٰهِ الرَّحمٰنِ الرَّحِيْمِ

                                         اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُه


Kaifa haalukum...bagaimana kabarnya teman-teman hari ini? 

 Marah merupakan sifat dasar yang dimiliki setan dan tentunya sifat tersebut tidak boleh diikuti oleh manusia

Dengan marah maka akan banyak timbul sifat buruk lainnya seperti mengucapkan kata-kata kasar, mencaci maki orang lain, memicu terjadinya pertengkaran, bahkan dapat merusak apapun yang ada di sekitarnya. Dengan begitu tujuan setan menghancurkan manusia akan cepat tercapai.

 

Oleh karena itu sebagai muslim yang taat hendaknya kita dapat menahan amarah. Dalam Islam sendiri banya hadist yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW memberi nasehat agar manusia tidak mudah marah dan sebaiknya menahan amarah, bahkan Allah menjanjikan surga-Nya untuk orang-orang yang dapat menahan amarah.

Bagaimana caranya agar kita bisa mengindari sifat marah?

1. Berwudu

Tips pertama menahan amarah yaitu dengan berwudu ataupun mandi. Marah merupakan sifat yang berasal dari setan. Setan merupakan makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari api maka dengan wudhu ataupun mandi amarah akan terpadamkan. Manfaat berwudu dalam Islam atau mandi maka tubuh dan hati akan menjadi suci kembali. Tips menahan amarah dengan cara berwudhu terdapat dalam hadist Urwag As-Sadi Radhiyallahu ‘anhu yang berkata 

2. Perbanyak zikir dan mohon perlindungan Allah SWT

Ketika Anda sedang marah maka tips menahan amarah yang sangat mujarab yaitu dengan berzikir membaca istighafr, takbir, tahmid, dan bacaan zikir lainnya. Jangan hanya membaca bacaan doa dan zikir setelah salat saja tetapi berzikirlah setiap kali kita sedang marah.

Sumber terjadinya amarah yaitu disebabkan oleh setan maka dengan begitu mohon perlindungan Allah SWT agar terhindar dari godaan setan, caranya yaitu dengan banyak membaca Ta’awwudz.

3. Lakukan salat sunah

Selain dapat menahan amarah, salat sunah pun mempunyai banyak keutamaan lainnya. Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa marah merupakan bara api yang berada pada hati manusia, kemudian ketika seseorang marah, maka akan terlihat kedua mata berwarna merah dan juga urat-urat di leher menjadi tegang.

Maka siapapun yang sedang merasakan atau mendapatkan hal tersebut hendaklah orang yang sedang marah menempelkan pipinya dengan sujud.

Ketika Anda marah dan masih jauh dalam waktu salat wajib, seperti ketika pagi-pagi Anda marah maka segeralah salat dhuha, atau jika malam hari segeralah salat sunah tahajud.

 

4. Mengambil posisi lebih rendah (menjadi duduk)

Cara menahan amarah selanjutnya yaitu megambil posisi lebih rendah atau mengubah posisi menjadi duduk. Seseorang ketika sedang marah cenderung berada pada posisi lebih tinggi atau berdiri.

Dengan berdiri, maka orang tersebut dapat melampiaskan amarahnya dengan cara-cara yang tidak diperbolehkan seperti memukul, dan lain sebagainya. Sedangkan jika berada pada posisi yang lebih rendah atau duduk maka akan sulit untuk melakukan hal tersebut sehingga orang yang sedang marah pun akan cenderung memilih untuk tidur meluapkan amarahnya.

 

 

5. Diam dan jaga ucapan

Pada saat kita marah biasanya ingin banyak berbicara bahkan tanpa disadari ucapan yang keluar pun menjadi sebuah makian bahkan bisa hingga mengucapkan kata-kata kasar. Dengan mengucapkan kata-kata yang kotor atau umpatan maka akan mengundang Allah menjadi murka. Oleh karena itu, cara mengatasinya yaitu dengan diam.

 

Diam merupakan tips paling ampuh untuk menahan amarah, dengan begitu kita akan terhindar dari dosa-dosa besar. Selain itu, jaga ucapan baik-baik jangan sampai ucapan yang dilontarkan kita nantinya akan menjerumuskan ke neraka.

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar