Pengikut

Chat Me

Minggu, 18 Oktober 2020

MATERI AQIDAH


سمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه










                                                                          RUKUN  IHSAN

Rukun Ihsan ada satu yaitu : Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah melihat-Nya.Jika engkau tidak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.

Ihsan artinya berbuat baik

Ihsan ada dua : 

1. Ihsan dalam beribadah kepada Allah

2. Ihsan kepada sesama makhluk

Ihsan dalam beribadah kepada Allah adalah seorang hamba yang beribadah kepada Allah seakan-akan ia melihat Allah, maka apabila ia melihatnya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.

Demikian pula berbuat baik kepada kerabat dengan bersilaturahmi, berbuat baik pada anak-anak yatim, dan juga orang miskin sama wajib hukumnya. Adapun rincian dalam berbuat baik ini tidak terbatas pada bilangan, akan tetapi sesuai dengan ketetapan

Kemudian, pada perintah selanjutnya Allah perintahkan untuk berbuat baik kepada manusia secara umum, Allah berfirman (yang artinya) : “serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia. Diantara ucapan yang baik adalah memerintahkan pada kebaikan, melarang dari kemungkaran, mengajarkan ilmu, menyebarkan salam, wajah berseri, dan lain sebagainya.

Apabila seseorang tidak mampu berbuat baik pada orang dengan hartanya maka Allah perintahkan dengan perbuatan baik kepada setiap makhluk yang mampu ia kerjakan, yaitu dengan ucapan yang baik. Maka dari itu ayat ini juga mengandung larangan berkata buruk, bahkan kepada orang kafir sekalipun.

 



0 komentar:

Posting Komentar